Android ChemMobile

image_pdfimage_print

Fitur Android ChemMobile

        ChemMobile adalah sebuah aplikasi pembelajaran kimia gratis berbasis Android yang dapat membantu siswa memahami materi kimia dengan mudah dan menyenangkan. Aplikasi ini dilengkapi dengan data berupa rumus kimia, nilai tetapan/konstanta terkait perhitungan kimia, lambang dan informasi unsur kimia. Dengan aplikasi kimia chemMobile ini siswa dapat mengetahui dan mempelajari berbagai materi kimia diantaranya sebagai berikut:

  1. Mengenal berbagai jenis unsur (Materi Sistem Periodik Unsur)
  2. Tata nama dan Persamaan reaksi kimia
  3. Perhitungan kimia (Stoikiometri)
  4. Kesetimbangan kimia
  5. Hukum dasar kimia
  6. Kelarutan dan Hasil kali kelarutan (Ksp), dll

Dengan aplikasi tersebut siswa dapat memperoleh kemudahan-kemudahan diantaranya :

1. Informasi sistem periodik unsur

Pada aplikasi kimia chemMobile siswa dapat mengetahui berbagai informasi singkat tentang unsur, diantaranya nama unsur kimia, lambang unsur kimia, nomor atom, massa atom, dan kelompok unsur kimia. Navigasi: Buka ChemMobile > Reference > Periodic > Periodic Info > Select by atau pilih berdasarkan nama, nomor, maupun lambang unsur.

1

Jika menginginkan informasi mendalam tentang unsur kimia terkait, siswa dapat lakukan dengan memilih get info yang terhubung langsung ke situs referensi dunia wikipedia. Kita juga dapat melihat dalam bentuk tabel sistem periodik unsur untuk mengetahui golongan dan periode unsur dengan cara: Buka ChemMobile > Reference > Periodic > Periodic Tabel > Pilih unsur kimia yang ingin diketahui.

2. Penyetaraan Reaksi Kimia

Untuk menyetarakan suatu reaksi, gunakan navigasi berikut. Navigasi: Buka Aplikasi ChemMobile > Tools > Balance > Input zat-zat pereaksi pada kolom Reactants > Input zat-zat hasil reaksi pada kolom Products > Klik Balance > (Reaksi Setara).

 

      3. Menghitung massa, mol, dan volume (STP)

Kita dapat menghitung massa, mol, maupun volume zat berdasarkan persamaan reaksi kimia yang sudah kita buat (sebelumnya harus disetarakan terlebih dahulu) dengan memilih Stoichiometry, pilih satuan yang diinginkan dan input jumlahnya seperti gambar di bawah ini.

4. Memahami perhitungan hukum dasar kimia

Dalam aplikasi kimia ChemMobile  terdapat berbagai rumus terkait hukum dasar kimia seperti hukum Boyle, Hukum Gay-Lussac (Hukum perbandingan volume), persamaan gas ideal, dsb. Navigasi: Buka Aplikasi ChemMobile > Tools > Gas Laws > Pilih rumus kimia lalu inputnya nilainya pada kolom yang tersedia.

5. Menghitung massa molar zat

Massa molar zat adalah massa 1 mol suatu zat yang sama dengan Ar atau Mr zat itu yang dinyatakan dalam gram/mol. Navigasi: Buka Aplikasi ChemMobile > Tools > Molar Mass > Input zat atau senyawa yang ingin diketahui massa molarnya > Calculate (hasil).

4

Kita juga dapat mengkonversi massa molar zat ini ke dalam satuan gram maupun mol dengan cara memilih convert. Jika ingin mengetahui zat dalam satuan gram inputkan jumlah mol zat tersebut, begitu juga sebaliknya.

Contoh: massa molar O2 adalah 31,998 g/mol (32 g/mol). Hitung massa O2 jika diketahui 2 mol O2

      Rumus yang digunakan adalah: 

      gram O2 = mol O2 x massa molar O2

      gram = 2 mol x 32 g/mol = 64 g O2

Untuk menyelesaikan soal di atas, pilih molar Mass > input O2 > Calculate > Convert > mole to Mass > Hasil (samakan dengan hasil hitungan Anda dibuku). Bagian Other pada gambar di atas berfungsi untuk mengetahui fraksi massa dan mol, serta rumus empiris suatu senyawa kimia.

 

      6. Mengetahui kelompok unsur logam maupun non logam 

Sistem periodik unsur terdiri dari berbagai jenis unsur logam, semi logam, dan non logam. Di sini Anda dapat mengetahui klasifikasi unsur-unsur kimia tersebut. Navigasi: Buka ChemMobile > Reference > Charts > Activity Series.

 

      7. Mengetahui berbagai rumus kimia

ChemMobile dapat digunakan untuk menghitung berbagai rumus kimia yang terkait dengan perhitungan kimia seperti persamaan gas, termokimia, elektrokimia, kesetimbangan kimia, dll.

      Navigasi: Buka ChemMobile > Reference > Charts > Formulas

 

      8. Mengetahui berbagai jenis ion poliatomik lengkap dengan namanya

ChemMobile dapat digunakan untuk mengetahui berbagai jenis ion poliatomik lengkap dengan namanya, seperti CN untuk sianida, AlO2 untuk alumina, CO32- untuk karbonat, dll

Navigasi: Buka ChemMobile > Reference > Charts > Poliatomic Ions

5

     9. Mengetahui berbagai jenis kation dan anion yang mudah larut dan sukar larut

         Navigasi: Buka ChemMobile > Reference > Charts > Solubilit

     Download ChemMobile: http://www.appsapk.com/chemistry-mobile-free/

Tinggalkan Balasan