TUTORIAL HYPERCHEM

image_pdfimage_print

Tutorial Aplikasi Kimia Hyperchem

Halo teman-teman semua udah pada tau belum aplikasi kimia yang keren banget. Namanya adalah Hyperchem. Aplikasi HyperChem adalah suatu program simulasi dan pemodelan molekular yang memungkinkan perhitungan kimiawi yang kompleks. Udah pada penasaran kan pasti yuk langsung aja kita menuju ke cara penggunaannya.

Tapi sebelum ke cara penggunaannya kalian harus install dulu softwarenya.

Langkah penggunaan hyperchem

1. Buka aplikasi Hyperchem yang telah diinstall dengan cara double click pada icon Hyperchem 

 maka akan keluar tampilan awal seperti berikut ini 

2. Untuk memulai menggambar atom karbon dan ikatannya, kalian bisa klik icon Draw 

3. Kemudian klik menu Build lalu klik Element Default. Kemudian pilih unsur yang akan digambar dan dalam tutorial ini adalah unsur C (karbon).

4. Setelah struktur 2-Methyl 2-Butena digambar, selanjutnya kita akan menggambar ikatannya dengan cara di klik dan drag sesuai dengan struktur yang kita buat yaitu sebagai berikut.

5. Setelah struktur utama terbentuk, kita akan menambahkan atom hidrogennya dengan cara klik menu Build lalu klik Add Hydrogens.

6. Kita juga dapat menampilkan struktur molekul yang sudah kita buat dalam bentuk 3D sehingga hasilnya akan menjadi lebih bagus. Caranya adalah dengan klik menu Display lalu klik Rendering. Silahkan untuk pilih Balls and Cylinders pada atom Rendering, atau anda juga dapat memilih pilihan lain sesuai kehendak anda.

7. Struktur molekul yang sudah kita buat masih belum mendekati sempurna. untuk menyempurnakan bentuknya, silahkan klik icon Invoke Model Builder .

8. Demikian tampilan dari struktur 2-Methyl 2-Butena yang kita peroleh yaitu sebagai berikut.

9. Selanjutnya kita akan melakukan optimisasi geometri dengan cara klik menu set up lalu klik Ab Initio kemudian klik menu Compute lalu klik Geometry Optimization. Tunggu hingga proses selesai maka akan didapatkan tampilan sebagai berikut :

Demikian tutorial aplikasi Hyperchem. Semoga bermanfaat.

Oh iya kalian juga bisa melihat videonya disini

Tinggalkan Balasan